January 23, 2011

chapter 27: Sebutan atau panggilan atau kata sandang… (bukan sandang temannya pangan dan papan ya..:D)

on Friday, December 17, 2010 at 8:47pm

Kata sandang di depan nama orang bermacam-macam, sesuai peran dan kedudukan seseorang.

Misalkan: guru akan dipanggil Bapak atau Ibu guru.

Belum pernah saya dengar ada orang atau murid memanggil mba/mas guru atau kakak guru atau om/tante guru kepada gurunya :)

Bagi mereka yang masih lajang dengan perannya sebagai guru, dipanggil dengan sapaan hormat Bapak atau Ibu bukan merupakan hal yang aneh atau jengah untuk didengar.



Demikian pula dalam lingkungan pekerjaan dengan nuansa formal yang kental, sapaan Bapak atau Ibu adalah hal yang biasa.



Tapi begitu kita memasuki lingkup yang informal alias agak-agak nyantai dikit kadang sering kita mendengar…adoohh… masa gue dipanggil Bapak seehh.. nggak liat apa tampang keren gini, blom merit kan…. Atau Bu jangan panggil saya Ibu..saya masih single nih… atau agak..agak nyekak, ngomong…..mang dah tuir apa..masa ngga bisa bedain.. (dalam hati mana bisa mba..., saya aja dipanggil ibu kagak komplain, dah biasa tau...)



Ada juga… yang komplain dipanggil mba/mas/kakak/tante/om…. Ujung-ujungnya mereka akan bilang…. Memangnya saya ini mba/mas/kakak/tante/om kamu apa…. (dalam hati ye…marah…daripada dipanggil kamu ntar saya dibilang tidak sopan...:(



Tapi sepanjang pengalaman saya, saya belum pernah dikomplain orang kalau memanggil atau menyapa mereka terutama yang lebih muda, atau menurut pemandangan fisik saya orang tersebut lebih muda atau wajahnya saja yang baby face, dengan sebutan adik/ de. Kenapa ya… apa senang dipanggil adik.. jadi serasa muda terus.....:)



Ngga apa-apa lagi dipanggil Bapak atau Ibu.... yang penting berjiwa muda dan penuh dengan vitalitas dan semangat juang, daripada masih muda... tapi gampang menyerah... ngga ada hubungannya dengan kata sandang sapaan (he..he.. colek diri sendiri nih ayo punya semangat dong......:D)

No comments: