November 14, 2010

banyak baca comment, banyak bingung?

Banyak membaca comment-comment yang bertolak belakang dengan apa yang diyakini pasti menimbulkan kebingungan dan tanda tanya, apakah yang selama ini anda percayai adalah sebuah kebenaran yang hakiki, sejatinya demikian. Di luar kebenaran yang bersifat universal yang dapat diterima oleh semua orang, punya agama, tidak punya agama, percaya Tuhan, tidak percaya Tuhan, percaya animisme, klenik, dsb.

Banyak orang kuatir hal-hal seperti ini akan menyesatkan dan berputar tanpa arah.
Tapi di balik kekuatiran itu ada celah harapan yang muncul bahwa coment-coment tersebut membuat orang-orang yang kebingungan tadi untuk mau belajar dan mencari lebih dalam akan pengertian dan hikmat yang berasal dari Tuhan daripada mengamini coment-coment yang tidak jelas didasarkan hanya pada emosi semata atau pengetahuan yang hanya tau atau hasil mendengar pendapat orang lain pula tanpa dibuktikan dengan kesahihan sumber bacaan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sekalipun sering pula di debat dengan argumen-argumen yang didasarkan pada nalar logika dan pembuktian akan kebenaran sumber bacaan tersebut. Diluar banyak hal-hal yang tidak dapat diterima dengan akal pikiran yang harus ditelaah berdasarkan penglihatan ke depan dan ke belakang.

So far... saya sangat menghargai dan menghormati kearifan ketimuran yang diyakini, diimani dan dipercayai oleh orang-orang yang saya cintai dan hormati...tapi saya berusaha agar mata hati tidak dibutakan oleh kebajikan yang memang harus dilakukan setiap saat.

No comments: